Aplikasi Point of Sale (POS) Gratisan, Benarkah Berguna..??

Your Ad Here

 

Apakah anda sedang mencari aplikasi atau software Point of Sale (POS) yang gratisan? Apakah anda yakin bahwa aplikasi tersebut akan benar-benar membantu memperlancar usaha dagang anda? Mungkin tulisan ini bisa menambah sedikit wawasan anda pada program aplikasi yang sifatnya gratisan atau freeware.
Di internet banyak beredar program atau aplikasi POS yang gratis dengan segala macam kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tentu hal ini mampu menarik minat banyak orang untuk menggunakannya sebagai penunjang kegiatan usaha yang sedang dijalani. Namun terlepas dari kelebihan dan kekurangan masing-masing aplikasi POS gratisan itu, ada beberapa keuntungan dan kerugian yang berdampak bagi usaha atau orang yang menggunakannya.

Kelebihan
Tentu saja keuntungan utama dari aplikasi gratisan ini adalah gratis. Bebas biaya. Semua orang bisa mendownload dan menggunakannya tanpa harus membayar sepeser pun kepada pemilik atau pengembang aplikasi tersebut. Bagi usaha yang baru mulai atau baru berkembang, aplikasi POS yang gratis tentu akan menjadi pilihan dibandingkan harus membeli dengan harga yang lumayan mahal.
Keuntungan lainnya adalah kita bisa langsung mencoba menggunakan aplikasi POS itu dalam usaha atau toko kita. Tahap mencoba menggunakan ini akan memberikan kita kesempatan untuk menilai apakah aplikasi ini cocok dan benar-benar kita butuhkan atau kita harus menggunakan aplikasi yang lainnya.

Kekurangan
Banyak aplikasi gratisan yang beredar tidak semuanya gratis. Anda bisa memperoleh aplikasinya tetapi anda harus membayar biaya instalasi dan pelatihan yang cukup mahal. Bahkan ada yang lebih mahal daripada anda membeli aplikasi yang berbayar.
Aplikasi POS gratis biasanya tidak lengkap. Memang mereka memberikan secara gratis namun tidak semua fitur bisa dijalankan untuk menunjang usaha anda. Selanjutnya anda akan merasa terjebak ketika sudah setemngah jalan menggunakan aplikasi ini anda menemukan bahwa salah satu fitur penting tidak disertakan didalamnya.
Kekurangan lain adalah tidak adanya dukungan atau layanan purna jual. Anda tidak bisa menemukan seseorang yang mampu membantu anda ketika anda kesulitan menjalankan aplikasi gratisan itu. Layanan atau dukungan tutorial biasanya hanya diberikan kepada mereka yang membeli aplikasi bukan untuk mereka yang memperolah versi gratisnya.
Menggunakan aplikasi gratis tanpa panduan dan pembelajaran dari mentor atau pembuat aplikasi sama halnya anda diberi senjata canggih tetapi tidaj tahu cara menembak atau menggunakannya. Hal ini tentu akan menguras energi dan waktu anda akan terbuang percuma hanya untuk mempelajari hal sulit tanpa ada yang membantu.
Hal sulit lagi yang harus dihadapi adalah kebanyakan aplikasi gratisan itu berbahasa Inggris. Jelas itu merupakan hambatan bagi kita yang tidak fasih dalam mengenali istilah-istilah dalam bahasa Inggris.

Jadi sebaiknya kita berfikir ulang sebelum mencurahkan waktu dan energi mempelajari aplikasi POS gratisan. Jika kita memang berniat menggunakan aplikasi POS demi kemajuan usaha tidak ada salahnya cari yang paling mudah, paling cocok, dan paling bagus layanan pendukungnya. Baik untuk tutorial penggunaan maupun layanan lain. Dan untuk itu tidak ada salahnya menginvestasikan sebagian modal usaha untuk membeli aplikasi POS yang berbahasa Indonesia, mudah digunakan, dan pengembang atau penjual aplikasi bisa membantu sewaktu-waktu dibutuhkan.

Lihat Lainnya: